Home » » Hujan Deras, Jalan Ponjong - Semin Retak

Warga kerja bhakti menyingkirkan longsoran di Jatisari Sawahan Ponjong. (Foto : Dedy EW)
WONOSARI (KRjogja.com) - Akibat hujan deras yang terus mengguyur, jalan yang menghubungkan Kecamatan Ponjong dengan Semin, tepatnya di Dusun Jatisari, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul pecah dan longsor, Jumat (24/9). Longsorang memang tidak sampai merusak rumah warga, namun sekitar 8 rumah terancam longsor.
Ketua RT-04/RW-02 Jatisari, Parno dan Kapolsek Pojong, AKP Irianto mengatakan, pecahnya ruas jalan aspal akibat diguyur hujan deras, sementara tanah disekitar lokasi sangat labil, sehingga kontruksi jalan menurun, mengakibatkan badan jalan pecah. Karena kondisi jalan sangat membahayakan, maka jalur utama antara Ponjong-Semin terputus, khusus kendaraan roda empat dialihkan melewati Dusun Sawur. Sementara pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati.
Dandim 0730 Gunungkidul Letkol ARM Budi Eko Mulyono SSos ketika meninjau ke lokasi tersebut mengatakan, personel TNI segera diterjunkan untuk membantu kerja bhakti tanah longsor baik di Ponjong dan di kecamatan in. Sebab di Gunungkidul terdapat enam kecamatan yang rawan longsor.
Selain itu, seluruh Koramil dan Babinsa diperintahkan untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan tinggi, Bahkan sejak hujan turun sudah terjadi tigakali longsor di Kecamatan Patuk, Nglipar dan kali ini Ponjong. Setiap terjadi bencana alam personel TNI langsung turun ke lapangan untuk membantu masyarakat.
Kepala Desa Sawahan, Ponjong Suyatno yang ditemui menjelaskan untuk mengamankan jalan dan lokasi sekitarnya, pecahan jalan akan disingkirkan, dan pihaknya akan mengajukan bantuan pembangunan talud ke Pemkab Gunungkidul. “Untuk saat ini warga membersihkan longsoran, agar jangan sampai ketika hujan kembali turun ambrol,” ucapnya. (R-2)

Tags:

Artikel Terkait:

Silahkan Kunjungi Blog Kami Yang Lainnya

Klik Gambar di bawah ini

0 komentar to "Hujan Deras, Jalan Ponjong - Semin Retak"

Leave a comment